Charging Baterai Tanpa Kabel

sebenarnya, ini adalah pemikiran iseng yang muncul baru ja tadi siang seusai kuliah Sistem Basis Data, yup.. nge-charge baterai (papun itu, laptop, HP, dll) dengan teknologi wireless alias tanpa harus nyolok ke power pakai kabel.. hwehehe, bisa ga tuh.. mengingan semua teknologi sekaran, seperti mouse, keyboard, dll sudah bisa wireless.. so,mungkin ga ya, charging baterai tanpa kabel??

Check it out,

SPLASHPOWER,

Perusahaan ini juga menempatkan Michiaki Tsurumi, mantan presiden yang kini menjabat sebagai penasihat Sony Eropa, sebagai anggota dewan direksi sejak April 2004.
Sebelum perangkat ini dipasarkan, Splashpower sudah meyakinkan pasar mengenai keuntungan dari munculnya perangkat baru ini. Perusahaan ini menyatakan saat ini tengah melakukan negosiasi dengan enam perusahaan elektronika guna menyediakan perangkat penerima dalam produk-produk terbarunya.Mereka percaya beberapa diantara perusahaan itu akan segera menyiapkan produk yang kompetibel dalam waktu dekat.
Sehingga pada kenyataannya pada saat ini alat ini memang sangat dibutuhkan bagi masyarakat luas. Untuk memfleksibelkan system kerja manusia dalam menjalani kehidupannya.
Visi Splashpower
Visi kami dari tenaga tanpa kawat (kabel) adalah bahwa konsumen akan mampu mengecas (charge) portabel manapun, di manapun, dan kapanpun.

Tujuan kami adalah untuk memudahkan membawa alat cas (charge) di mobil, di dalam hotel, di dalam cafe seperti halnya di rumah dan di dalam kantor. Sesungguhnya di manapun kamu ingin mengisi batereimu.
Walaupun kita tidak mempunyai suatu bola kaca untuk meramal, kita mempunyai strategi, sumber daya dan kemampuan untuk menerapkan visi kami dalam waktu yang akan datang sekitar tiga sampai lima tahun. Hasil dari usaha kami akan jadi suatu kemudahan mengakses energi dengan alat cas (charge) yang mendukung. Ini akan memungkinkan adanya penerima tenaga tambahan, dan menyebabkan permintaan pasar meningkat menggerakkan penerima akan ditempelkan di dalam telepon mu, MP3/MEDIA player dan alat yang lain. Kawat(kabel) yang terakhir itu akan hilang dan alat cas (charge) yang baru akan hadir tanpa kita sadari.SEJARAH
DULU sempat muncul pemikiran iseng tentang kemungkinan wireless power alias mengisi ulang baterai tanpa menggunakan kabel. Sebuah pemikiran–yang waktu itu–dianggap mustahil, mana mungkin mengisi ulang sebuah baterai dengan energi listrik tanpa bantuan kabel?
Namun, kini ide wireless power sudah menjelma menjadi kenyataan. Pada 28 Oktober 2002 lalu, Splashpower Ltd yang berlokasi di Cambridge, Inggris, mampu membuat peranti wireless power.
Wireless power juga dapat diartikan sebagai mengisi ulang baterai tanpa menggunakan kabel. Sedangkan wireless itu sendiri memiliki persamaan menghantar listrik tanpa kabel. Listrik bisa dihantarkan tanpa media sejauh dua meter. Prinsip kerjanya sama dengan bagaimana penyanyi opera dapat meretakkan gelas dari jarak jauh
Teknologi inovatif keluaran Splashpower ini merupakan sebuah solusi bagi kita yang ingin memperoleh sisi kepraktisan di saat mengisi ulang baterai. Sisi praktisnya, tidak perlu kabel saat mengisi ulang. Baterai cukup diletakkan saja pada peranti tersebut.
Solusi dari Splashpower ini memiliki dua bagian penting, yakni SplashModule, berupa sebuah modul penerima (receiver) yang dapat dikustomisasi ke beberapa ukuran, bentuk, atau lekukan dari peranti. Kehadirannya tidak tampak berpengaruh pada penampilan produk. Dirancang untuk digunakan pada PDA, handphone, personal music player, dan konsol game.
Sedangkan bagian lainnya yaitu SplashPad, yaitu lapisan tipis sekira 6 mm, merupakan bantalan dari universal wireless charging yang dicolokkan ke stop kontak listrik dan dapat ditempatkan dalam beberapa permukaan tanpa menimbulkan efek kejut listrik atau discharge.
Manfaat
Ide Splashpower muncul dari frustrasi kami dari berbagai hal yang ada dalam keseharian dalam pengecasan (charge) portabel. Mengecas (charge) alat portabel adalah suatu perjuangan dan kita ingin membuatnya menjadi lebih sederhana.
Kita semua bisa menghubungkannya dengan sikap frustasi dalam mencari alat cas (charge) yang benar, mencari ruang stop kontak yang bebas atau memainkan konektor hanya untuk menyimpan portabel kita.
Splashpower telah mengembangkan suatu cara yang baru menggerakkan alat berdasar pada energi tanpa kawat (kabel):
1. Untuk menghapuskan kebutuhan akan suatu pengecasan (charge) yang berbeda untuk tiap-tiap alat.
2. Keseluruhan proses menjadi mudah dan tanpa usaha keras.

Pengecasan (charge) Tradisional
Permasalahan
• Alat cas (charge) berbeda per-portabel
• Mencari dan menghubungkan alat cas(charge)
• Menggunakan kabel yang panjang
• Teknologi Baterei yang berlari lebih cepat oleh menggerakkan permintaan
• Konektor- tak dapat dipercaya, dan terbatas
• Membawa alat cas (charge) berbeda ketika bepergianPengecasan (charge) Tanpa Kebel
Manfaat
• Satu alat cas (charge) untuk portable yang berbeda
• Kenyamanan- memindahkan kabel yang terakhir
• Dasar cas(charger) yang modis (gaya) berbeda-beda
• kemudahan dalam pengecasan (charging)
• Halus, rapi, dan tahan air
• Masa depan alat cas (charger)
Ciri-Ciri:
Bentuk dan ukurannya tak beda jauh dengan bantalan mouse komputer meja. Cuma, di salah satu sisinya, terdapat kabel untuk disambungkan ke sumber listrik, baik colokan di rumah maupun socket pemantik rokok di mobil. Untuk mengecas baterai ponsel, cukup letakkan ponsel di atas bantalan itu. Ukuran modul ini pun lebih kecil daripada kartu SIM ponsel dengan ketebalan kurang dari satu milimeter.
Itulah pengecas (charger) nirkabel yang dinamai Splashpad. Pengecas nirkabel ini buatan Splashpower Ltd., perusahaan teknologi yang bermula dari kompleks Cambridge University di Cambridge, Inggris. Splashpad dapat mengisi baterai peralatan elektronik portabel apa saja, dari ponsel, konsol permainan video, komputer genggam, dan kamera digital, atau pemutar musik digital.

bersambung, insya Allah ada imagenya ntar…hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s