Ultah Silat Al Azhar-ku

Kali ini saya akan meliput sedikit tentang kegiatan perguruan pencak silat saya, yaitu HUT Al Azhar Seni Bela Diri(ASBD) yang ke 40 Tahun. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 2 Mei, dimana dalam acara itu diundang beberapa duta besar negara lain, seperti Kuba, USA, Korea, Jepang, PRancis, Polandia, dan dubes-dubes lainnya.

Diawali dengan beberapa pertunjukkan seni drama, Tari Saman dari Aceh, dan tarian seni lainnya yang disuguhkan oleh anak-anak dari SD SMP dan SMA Al Azhar.

Dalam acara tersebut, perguruan Pencak silat Al Azhar memberikan anugerah gelar pendekar kehormatan pada salah satu alumninya, yaitu Dino Patti Djalal, jurubicara Presiden RI, kata Irwansyah, Ketua Umum ASBD.

Anugerah ini diberikan pada Dino karena beliau yang sempat aktif dalam perguruan sebagai anggota dan kader, juga ikut serta mengembangkan perguruan. Meski karena kesibukannya membuatnya tidak bisa mengikuti latihan, setelah melalangbuana, dia juga tidak pernah lupa mampir di sanggar dan terus menyemangati berbagai pihak untuk berlatih silat.

Gelar yang sama juga disandang oleh Eddy Nalapraya, Ketua Persatuan Pencak Silat Internasional, Adhyaksa Dault, Mantan Menegpora, dan sejumlah tokoh yang pernah dan masih aktif mengembangkan pencak silat sebagai salah satu cabang olah raga sekaligus warisan leluhur bangsa.

Lalu pertunjukkan puncak dari tim seni Silat Al Azhar memeriahkan acara pada pagi hari itu. Tim seni pertunjukan puncak ini adalah gabungan dari atlrt-atlet berkualitas dari berbagai cabang dari Silat Al Azhar, seperti teman-teman dari Universitas Al Azhar Indonesia, Cabang Condet, Cabang Masjid Agung Al Azhar, Cabang Sa’adah, dll.

Seakan tidak mau kalah, para duta besar ini pun segera mencoba melakukan praktek-praktek bela diri praktis pencak silat. Mereka bersama-sama belajar olahraga beladiri asli Indonesia ini. Mereka mengikuti pelatihan pencak silat di lapangan Yayasan Al-Azhar, Jakarta Selatan. Gerakan mereka memang sedikit kaku dan mengundang senyum yang melihat. Namun, mereka ternyata cukup antusias mengikuti pelatihan pencak silat dengan menggunakan baju khas pendekar.

Dubes Polandia Thomas Lukaszvk mengungkapkan mereka pada umumnya senang mengikuti pelatihan beladiri asli Indonesia. Hanya saja, ia mengakui sedikit mengalami kesulitan saat mempraktikkan jurus-jurus yang diberikan pelatih, sedangkan Dino Patti Djalal, pembina pencak silat ASBD mengatakan tujuan Yayasan Al-Azhar mengundang dubes tetangga guna lebih mengenalkan pencak silat di mata dunia. Dengan demikian, tidak tertutup kemungkinan jika mereka mau belajar bela diri ini.

Selanjutnya, mereka pun dinobatkan sebagai anggota kehormatan dari Perguruan Pencak Silat Al-Azhar. Tentunya, dengan harapan banyak warga asing yang semakin mencintai beladiri asli Indonesia tersebut.

Acara pun ditutup dengan pemberian medali dan piala dari Kejuaraan Al Azhar Seni Bela Diri Plus, yang diikuti oleh seluruh cabang ASBD, baik dari tingkat SD, SMP, SMA, maupun Universitas dan Umum.
Saat ini selain melatih di sekolah-sekolah Al-Azhar mulai dari tingkat sekolah dasar hingga universitas, kami juga memiliki cabang di Pretoria, Cape Town, Afrika Selatan. Kurang lebih sekitar 300 murid yang telah bergabung dan berlatih di sana. Cabang Amerika, Washington DC, Adam Center, Virginia dan Winscounsin juga selalu menunjukkan prestasinya dalam kancah bela diri tingkat dunia.

Perkembangan Pencak Silat Al Azhar ini pun semakin maju di bawah asuhan pimpinan perguruan Kak Jon, juga ketua kepengurusan, kak iwan dan kak rizal, seiring dengan cita-cita sang pendiri Sila Al Azhar, Alm. Kak Sufiyono.

Bravo Silat Al Azhar, Bravo Silat Indonesia

sumber :
http://umum.kompasiana.com/2010/05/07/ciaat-dino-pati-jalal-main-silat-yusril-menghadiri/

6 thoughts on “Ultah Silat Al Azhar-ku”

  1. Alhamdulillah, ASBD sudah eksis 40 tahun, oleh karena itu saya ingin ngembangin nih di sekolah tempat saya ngajar bisa ngga, saya ngajar di Madania Parung Bogor.

  2. Melihat dan membaca cerita perayaan Milad ASBD ke -40 jadi teringat ketika masih aktif latihan 15 tahun lalu. Jadi ingin lagi berlatih dan rasanya ingin turut mengembangkan ASBD Al-Azhar Moslem Martial Arts.
    Suatu saat jika ada kesempatan saya akan aktif lagi
    Good Luck for Al-Azhar Seni Bela Diri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s