Pencak Silat Indonesia Meriahkan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan

Piala Dunia adalah perhelatan sepak Bola Paling akbar yang diikuti oleh seluruh negara dari penjuru dunia. Penyelenggara dari pertandingan paling bergengsi seluruh dunia ini adalah FIFA. Tahun 2010, Afrika Selatan adalah negara pertama di Benua Afrika yang menjamu sebagai tuan rumah Piala Dunia. Hanya tinggal hitungan jam, perhelatan tersebut akan segera dimulai dengan ditandai adanya upacara pembukaan.

Dalam rangka menyambut piala dunia tersebut, hampir seluruh penjuru kota di Afrika Selatan memeriahkan dengan mengadakan serangkaian festival kesenian masyarakat setempat. Salah satunya adalah festival Musanda. Selain menjadi festival tahunan yang ada di kota Pretoria, festival Musada kali ini lebih spesial dan lain dari pada yang lain dari tahun-tahun sebelumnya. Dalam karnaval yang digelar di jalan-jalan kota, Kamis (10/6/2010), wakil Indonesia dan Namibia mendapat perhatian khusus. Sebab, mereka menyuguhkan aksi baru yang tak pernah ada sebelumnya.

Persatuan Masyarakat Indonesia (Permai) menampilkan 35 murid pencak silat. Sepanjang jalan, mereka sesekali memamerkan kebolehannya. Masyarakat Afsel pun menyambut gembira, bahkan selalu berebut memotretnya. โ€œGood, Indonesia is good,โ€ komentar seorang penonton di jalan menuju Burger Park.

Pencak silat memang barang baru di Afsel. Menurut pelatih pencak silat Permai, Pri Harjono, perguruan pencak silat mulai dibuka di Johannesburg pada pertengahan Januari 2010. Perguruan dibuka di Bosmond Islamic School, Al Azhar Islamic School, dan Darul Ulum Zakaria.

Rencananya, upacara pembukaan Piala Dunia itu akan dilaksanakan pada hari Jumat pukul 01.00 waktu setempat. Dalam serangkaian acara pembukaan ini, official committee menjanjikan akan menyuguhkan kebudayaan asli Afrika. Dalam acara itu, akan diisi dengan berbagai macam suguhan atraksi dari beberapa kebudayaan setempat. Para musisi internasional juga tidak mau kalah, mereka akan meramaikan upacara pembukaan Piala Dunai tersebut dengan aksinya masing-masing, seperti musik, tarian, dan lain-lain. Wah, jadi nggak sabar ingin nontonโ€ฆ๐Ÿ™‚

โ€œPencak silat baru dipromosikan pada September 2009. Namun, antusias masyarakat Afsel sangat besar. Sampai sekarang, kami sudah memiliki 270 murid. Desember depan, kita sudah berani kirim wakil ke kejuaraan silat di Kalimantan Timur. Sebelumnya, Juli sampai September kita akan melakukan promosi di Cape Town,โ€ jelas Kak Jojo, Pelatih Utama Pencak Silat Al Azhar.

Kebetulan, saya juga ikut belajar beladiri Pencak Silat Al Azhar di Pusat, Jakarta. Saya bangga, Silat Al Azhar Go Internasional..

Go Pencak Silat Al Azharโ€ฆ!!

Go Pencak Silat Indonesia..!!!

official Website : http://silat-alazhar.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s