Seni Menghadapi Musibah

#SharingYuk para @pemimpinQu yang @RajinSholatย ๐Ÿ™‚
Bismillaaah..

Dalam kurun waktu 2-3 minggu ini, ada beberapa teman2 saya yang tertimpa musibah. Variatif, ada yang BB hilang, ada yang ke jambret, dirampok, diputusin pacar (emang ini termasuk ya? -__-” ) dan lain2.

Mari kita sedikit mereview. Semoga bisa diambil hikmahnya tidak hanya untuk yang sedang mengalami ujian/musibah tapi juga untuk teman2 lainnya yang ujian2nya tentu saya pribadi tidak detail mengetahuinya, tapi saya yakin semua pasti mendapatkannya.

Teman2 semua, tentunya sudah hafal ayat albaqarah yg berbunyi “Allah tidak akan menimpakan ujian kecuali hambaNya tersebut mampu menghadapinya” ..

Dalam pendalaman ayat tersebut, sebenarnya sangat subyektif tergantung kasusnya dan tergantung pada objek yang sedang dikenai pekerjaan dari Allah berupa ujian ini. Penyebabnya juga variatif. Ada yg memang ceroboh, ada yg krn kelalaian orang lain padahal sudah hati2 tapi tetap saja kena, ada pula yg karena dhaif (lemah) dalam mengantisipasi, apakah itu lemah ilmu maupun jism (fisik).

Nah, dalam menghadapi musibah, berikut share cara menyikapinya versi saya :
0. BERSABAR
Kenapa bersabar? ya, karena :
a) Perintah Allah :
Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (QS. 2 :155)
b) karena : “tidak ada dampak dari sebuah sikap sabar dari seorang mukmin kecuali (pasti) memperbaiki diri” (A.H)

1. Ucapkan dl “innalillaahi wa innailayhi raajiun” krn setiap apa yg kita (claim) miliki sebenarnya bukanlah milik kita, tapi milik Allah yg sewaktu2 bisa Dia ambil dg cara2Nya yg kita tidak sangka2.

“(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”
. (QS. 2 : 156)

2. Istighfar (memohon ampun kpd Allah), karena setiap musibah, kegelisahan, cemas, yg menyelimuti hati itu datang krn ada dosa di dalam dada, yg menjadi magnet. Review, dosa apa yg pernah kita perbuat, shg Allah menguji kita dg ujian ini atau itu.
Ini kadang kita nggak peka, bisa karena memang karakter orangnya, atau krn nggak tahu ilmunya, atau krn pura2 nggak tahu dan nggak mahu tahu.

3. Ucapkan syukur (alhmdlh) atas musibah yang menimpa diri kita, kenapa?

a) karena faktanya tidak semua orang sanggup dengan ‘sabar’ yang sebenar-benarnya sabar (murni) ketika pukulan pertama musibah, shg melakukan hal2 yang tidak sesuai syariat. Contoh dikisahkan dlm riyadush shalihin bahwa suatu waktu dalam peperangan, si fulan pergi jihad, lalu meninggal. Hampir semua sahabat dan mujahid ketika itu menganggap bahwa si fulan syahid dan ahlul jannah. Hingga datang wahyu kpd rosul yg menerangkan bahwa si fulan tidak syahid, malah justru ahlul naar. Semua sahabat terkaget2. Setelah diteliti, ternyata, si fulan tadi “tidak sabar (menahan luka)” ketika terluka dalam medan jihad. si fulan bunuh diri.

Nah melihat kasus tsb di atas, sungguh bersyukur kan? kita masih sanggup ‘sabar’ sehingga aqidah kita tetap terjaga, dan dimampukan berbuat taat.

b) karena jika kita kehilangan sesuatu, NISCAYA Allah ganti dg yg lebih baik, ‘Niscaya’ itu adl sebuah kepastian, yg tentunya konteks ‘baik’ di sini adl menurut Allah. Kita tidak akan bisa memahaminya kecuali dg ‘bashirah’ (pandangan mata hati yg berilmu).

c) karena selain aqidah selamat, jasmani kita juga selamat. Telah banyak contoh kasus yg menimpa akhwat2 yg selain dirampok harta, juga kehormatan bahkan jiwa. Inilah pentingnya jika pergi malam2 kemana2 harus ada temannya. Minimal berdua, jangan sendiri. Juga pentingnya jika keadaan tertentu, kita bisa melawan dg upaya kekuatan diri kita krn telah terlatih. Di sinilah makna hadist “muslim yg kuat lbh baik dan lebih dicintai Allah drpd muslim yang lemah”

4. Mulailah utk membandingkan, apa yg hilang dg apa yg ada yg kita miliki sekarang. pasti nilainya tak seberapa. Wlo “memilikinya” ini adl konteks empiris duniawi. Tapi, utk lebih bisa merangsang hormon daya rasa syukur kita, sepertinya cukup ampuh. Bahwa betapa banyaknya nikmat dari Allah utk kita, yg masih kita lalaikan, lupa disyukuri. yuk simak bait2 di bawah ini :

– Mari syukuri apa yg ada seadanya
– Mari syukuri apa yg bisa kita dekap dan memanfaatkannya
– Mari syukuri setiap kemenangan kecil yg telah tercapai walau tidak ideal
– Mari syukuri atas musibah yg telah mampu kita sikapi tak hanya baik tapi juga benar.
– Mari syukuri atas musibah yg telah menjadi sarana pendidikan jiwa kita utk bisa lebih bersabar, berhusnudzan, dan ikhlas
– Mari syukuri bahwa, Allah selalu memberikan kebaikan thd mukmin (ajaba amrul mukmin) >>

โ€œSungguh menakjubkan urusan orang mukmin bahwa semua urusannya baik, yang demikaian itu tidak terjadi pada siapapun, kecuali untuk orang mukmin, jika menimpanya sesuatu yang menggembirakan bersyukurlah ia maka adalah kebaikan baginya, dan jika menimpanya sesuatu yang menyusahkan bersabarlah ia maka adalah kebaikan baginya.โ€ (HR. Muslim )

5. Buang jauh2 kata “seandainya”,
โ€œmukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah dari pada mukmin yang lemah. Dan pada keduanya ada kebaikan. Bersungguh-sungguhlah untuk mendapatkan apa yang bermanfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allah serta janganlah sekali-kali engkau merasa lemah. Apa bila engkau tertimpa musibah, janganlah engkau berkata, โ€œseandainya aku berbuat demikian, tentu tidak akan begini dan begituโ€ akan tetapi katakanlah, โ€œQadarAllah wamasyaโ€™afaโ€™al (ini telah ditakdirkan Allah dan Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki). Karena ucapan โ€˜seandainyaโ€™ akan membuka (pintu) perbuatan setanโ€ (HR. Muslim)
6. Segera Sedekah
ย Telah banyak menerangkan dahsyatnya faedah sedekah. Baca sendiri ya di buku2 Yusuf Manshur atau yg lain2๐Ÿ™‚.
Terakhir, GARISBAWAHTEBEL yang mau saya sampaikan kepada teman seperjuangan bahwa >>
Kawan, ketahuilah bahwa ujian ini berlaku untuk semua manusia. Yang tidak berjihad di jalan Allah saja diuji, apalagi yg berjihad di jalan Allah utk berasama2 dalam dakwah, menolong agama Allah. Sudah barang tentu, ujian akan lebih banyak dr biasanya….ย  tekanan akan lebih banyak dari biasanya.. mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yg akan tegak lebih lama dari biasanya, dan mulut yg selalu basah dg doa (lho kok jadi kayak film 5 cm he )๐Ÿ˜‰

Percayalah, di ujung kesulitan sana, ada kemudahan, di ujung kesulitan sana, ada kemudahan.

Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya), dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.(Qs al-Anbiyรขโ€™/21:35)

Mari kita doakan buat yg sedang dapat ujian, baik kebaikan maupun kesusahan, semoga Allah ganti dg yg jauh lbh baik, dan tetap diistiqomahkan di jalanNya.๐Ÿ™‚
“Mari selalu bersikap syukur dg bersyukur, menetapi sabar dg bersabar.”
“Jangan sampai kita bersikap kufur, hanya karena lemahnya dlm bersabar”ย 

Orang sabar, buahnya manis! ayo diborong belii..!๐Ÿ˜€

salam ukhuwah,
A.H – L.I.F.E Inspirator

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s