Surat Terbuka untuk SBY terkait Mesir

Bismillahirrahmanirrahim,

Yang kami hormati Pak SBY, dengan sangat tenang tanpa emosi namun hati tercabik-cabik sakit terasa, saya tulis surat ini dari lubuk hati mewakili pemuda Islam tanah air, mengecam apa yang tengah terjadi di Mesir, kudeta atas pemerintahan yang sah dan pembunuhan massal oleh junta militer kepada rakyat sipil yang tidak berdosa.

Pak SBY, kami faham benar masalah negeri ini sungguh pelik, tapi hanya 1 saja langkah yang dibutuhkan seorang pemimpin agar jernih dalam memberikan sikap yang menimpa kita, bangsa Indonesia ini, juga memberikan sikap kepada politik internasional, yakni sikap beriman (dalam Islam).

Pak SBY, dalam kacamata politik luar negeri, kebijakan-kebijakan politik akan menggiring opini dan sikap pada kepentingan-kepentingan negera penguasa, saya yakin bapak paham akan hal ini. Begitu pula yang terjadi di Mesir. Namun apabila kita melihat dari kacamata iman, langkah tepat sebagai seorang muslim adalah berperan dalam penghentian pembantaian warga sipil muslim di Mesir. Jikalau bapak tidak berkenan menyangkutpautkan kasus di Mesir dengan urusan agama, maka bapak harusnya peduli atas nama kemanusiaan terhadap krisis Mesir yang telah menelan banyak korban.

Negera-negara adikuasa telah mengajari kami demokrasi, hingga kami lalai kepada nilai-nilai indentitas bangsa sendiri. Kami bahkan bersedia berkompetisi bersama dalam panggung demokrasi, Mesir telah membuktikannya bahwa rakyat telah dengan jujur adil dan terbuka memilih presiden secara langsung yang ‘demokratis’, dengan Mursi sebagai presiden terpilih. Tapi apa yang terjadi? Kudeta dilakukan oleh militer dengan alasan yang sangat tidak logis. Ini adalah pengkhianatan, kecacatan terbesar demokrasi zaman ini dan muslim lagi-lagi menjadi korban.

Yang lebih mengherankan lagi, bapak demokrasi, Amerika justru mendukung militer Mesir atas kudeta terhadap Mursi. Negara-negara eropa yang sealalu teriakan HAM pun menjadi latah ikut bertutup mata atas pembantaian warga sipil di Mesir.

Memasuki 10 hari terakhir ramadhan, sejak pengkudeta-an terhadap Mursi pada tanggal 3 Jul lalu, sudah 480 lebih syahid, dan ribuan lainnya terluka parah. Mereka semua adalah para demonstran damai yang tak bersenjata. Mereka dibunuhi dalam keadaan beribadah puasa, shalat tarawih, shalat ashar, bahkan semalam baru saja terjadi pembunuhan lagi saat kita sedang makan sahur. Ribuan orang ditangkap dan disiksa. Menurut direktur RS. Darurat di Rabiah, pendukung Mursi yang terluka banyak didapati di bagian kepala, hati dan dada. Ini menunjukkan betapa kejahatan ini sengaja, terorganisir dan sistemik dilakukan dengan target pembunuhan, bukan pelumpuhan. Innalillaahi wa innalillaahi raajiun.

Pak SBY, hati mana yang tidak sakit ketika manusia dibunuh tanpa alasan yang jelas. Membayangkan bahwa mereka yang mati adalah keluarga bapak, anak bapak, saudara atau orang tua bapak, bagaimana rasanya pak?

Tuntutan mereka hanya meminta pengembalian kekuasaan yang sah kepada presiden terpilih, tidak lebih. Mereka juga tidak melakukan tindakan yang anarkis atau ancaman tertentu, mereka damai tanpa senjata.

Oleh karena itu, melalui surat ini kami meminta bapak untuk turut serta berperan dalam penyelesaian tragedi kemanusiaan di Mesir. Mengirimkan delegasi untuk berunding atas nama dunia internasional atau perserikatan Negara-negara muslim atau Organisasi Konferensi Islam (OKI) mendesak kepada PBB untuk menghukum pelanggar demokrasi, militer Mesir yang dipimpin oleh As Sisi. Bukankah misi dari PBB adalah untuk perdamaian dunia? Bukankah misi OKI adalah mendukung kedamaian dan keamanan internasional?

Pak SBY, saya atas nama pemuda-pemuda muslim Indonesia berharap bapak segera bertindak tegas, tidak menutup mata dan hati, untuk memerankan perubahan dan perbaikan gejolak politik internasional di Mesir, menuju perdamaian dunia. Apalagi kita berhutang budi kepada Mesir yang merupakan termasuk Negara pertama mengakui dan mendukung kemerdekaan Republik Indonesia.

Jakarta, 30 Juli 2013

Sekjen YI-Lead.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s