Pembuktian Iman Kepada Al Quran

لَّذِينَ آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ يَتْلُونَهُ حَقَّ تِلَاوَتِهِ أُولَـٰئِكَ يُؤْمِنُونَ بِهِ ۗ وَمَن يَكْفُرْ بِهِ فَأُولَـٰئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ ﴿١٢١

Orang-orang yang telah Kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya. Dan barangsiapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi. (QS Al Al Baqarah : 121)

Saya dapatkan dalam kajian tadabbur bahwa makna dari  حَقَّ تِلَاوَتِهِ  adalah memiliki makna bahwa tidak cukup kita menyangka diri sendiri bahwa kita sudah beriman kepada quran, tapi harus ada pengakuan dari quran sebagaimana dijelaskan dalam kalimat ..أُولَـٰئِكَ يُؤْمِنُونَ بِهِ…..

Menurut Dr. Amir Faishol Fath, pembuktian beriman kepada quran harus meliputi.

  1.  At-Tilawah : Perbanyak membacanya dengan tartil, sesuai dengan kaidah pelafalan huruf dan tajwid dengan irama yang tidak perlu dibuat-buat. Sebab membaca Al Quran ibadah. Ingat pahala membaca seperti ini dihitung perhuruf.
  2. Al-Fahmu : Berusaha memahami kandungannya dengan merujuk kepada buku-buku tafsir di antaranya tafsir Ibn Katsir dan Tafsir Fi Dzilalill Quran.
  3. Al-Hifzhu : Berusaha menambah hafalan sebab semakin banyak hafalan akan semakin tinggi rangking kita di Surga.
  4. Al-Amal : Bersungguh-sungguh mengamalkan ajarannya. Apa kata Al Quran haram maka jauhi dan apa kata Al Quran kerjakan segera kerjakan dengan maksimal.
  5. Ad-Dakwah : Ajak orang orang lain supaya beriman kepada Al Quran. Dan ajak yang sudah beriman supaya bersungguh-sungguh membacanya, menambah hafalannya dan mengamalkannya.

Yaa Allah, kumpulkan al quran dalam dada kami. dan sampaikanlah kami ke bulan Qur’an, Ramadhan Karim 1436 H. Aamiin

AH/Jakarta, 3 Juni 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s