Category Archives: Informatika

my study

Fetch Judul Url Menggunakan Python

Seperti yang saya bilang sebelumnya, ini bahasa pemrograman, optimum untuk pengolahan text. Salah satu implementasinya adalah untuk fetch judul Url terntentu..

import sys, re, urllib
title_re = re.compile("(.*?)",
		      re.MULTILINE | re.DOTALL | re.IGNORECASE)
for url in sys.argv[1:]:
	match = title_re.search(urllib.urlopen(url).read())
	if match:
		print url, "\t", match.group(1).strip()

selanjutnya cara jalanin : Continue reading Fetch Judul Url Menggunakan Python

Advertisements

TCP/IP Layers~App Net(2)

nah, kalo postingan sebelumnya adalah tentang OSI layers, sekarang tentang TCP/IP layers.
MODEL REFERENSI TCP/IP

Meski model referensi OSI lebih umum digunakan tapi secara teknis dan historis, model referensi standar internet adalah Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Model ini memiliki 4 layer:

  • Application
  • Transport
  • Internet
  • Network

FUNGSI LAYER 4 TCP/IP
Application layer (Layer 4) model TCP/IP berkutat dengan urusan presentasi, encoding dan dialog control. TCP/IP mengkombinasikan session, presentation dan application dalam satu layer dan mengasumsikan data telah siap dienkapsulasi pada layer berikutnya.
Continue reading TCP/IP Layers~App Net(2)

OSI Layers~App Net(1)

kali ini saya akan memnjelaskan sedikit tentang OSI dan TCP/IP. mungkin tidak detail, tapi ini adalah pelajaran yang saya dapatkan dari pelajaran mata kuliah pilihan Applied Net.

LAYER MODEL REFERENSI OSI
Dalam model referensi OSI terdapat 7 layer, dimana setiap layer memiliki fungsi jaringan yang berbeda:
Layer 7. Application
Layer 6. Presentation
Layer 5. Session
Layer 4. Transport
Layer 3. Network
Layer 2. Data link
Layer 1. Physical

FUNGSI APLICATION LAYER
Application layer (Layer 7 OSI) adalah layer OSI yang terdekat dengan user; menyediakan network services bagi aplikasi user. Berbeda dengan layer yang lain, Layer 7 tidak menyediakan service bagi layer OSI lain. Contoh aplikasi ini adalah program spreadsheet, word processing, dan terminal bank.
Continue reading OSI Layers~App Net(1)

Membangun Radio Online (audio streaming) dg ShoutCast

nah, mungkn tidak terlalu nge-ren di dunia IT, tapi ada beberapa pengetahuan yang dapat kita ambil dan mungki saja dapat bermanfaaat untuk siapa saja yang ingin membangun radio online. mulai..

Membangun Radio Online tidaklah serumit membangun Radio Offline. Karena dalam membangun Radio Online hanya dibutuhkan Software. Banyak sekali software yang bisa digunakan untuk ini. Dalam artikel ini saya menggunakan Shoutcast sebagai aplikasi utamanya. Persyaratan utama yang dibutuhkan untuk membangun infrastruktur Radio Online adalah bahwa kita membutuhkan komputer dan koneksi internet, serta aplikasi Winamp, Shoutcast DNAS, dan Shoutcast DSP Plugin. Ketiga software tersebut dapat didownload secara gratis di Internet (freeware)
Continue reading Membangun Radio Online (audio streaming) dg ShoutCast

Upgrade OpenOffice dari 2.x ke 3.x

OpenOffice.org telah merilis versi 3.0 beberapa waktu lalu. Tentunya ini adalah sebuah kabar gembira karena peningkatan mayor pasti membawa banyak fitur-fitur baru yang berguna. Apalagi, tidak lama lagi akan rilis versi Ubuntu terbaru, 8.10 si kambing hutan, Intrepid Ibex. Paduan paket sistem operasi yang menawarkan banyak fungsionalitas dengan OOo 3.0 jelas sangat dinantikan banyak pihak. Namun, pengembang di Ubuntu Intrepid Ibex, lebih memilih memasukkan versi 2.4 dan menunggu test stabilitas dan integrasi OOo 3.0. Dari sisi stabilitas, jelas versi 2.4 telah terbukti berjalan baik di Hardy Heron. Kesuksesan ini rupanya ingin terus dipertahankan. Walaupun terpaksa menunda harapan banyak pengguna Ubuntu untuk langsung memanfaatkan fitur baru OOo 3.0, terutama pada kompabilitas dokumen Office 12 (Ms-Office 2007).Saya mencoba mengupgrade OOo 2.4 sebagai bawaan default Hardy Heron ke OOo 3.0 yang saya ambil dari situs OpenOffice. Pilih paket instalasi Linux DEB. Satu hal yang penting dilakukan sebelum menginstall OOo 3.0, yaitu menghapus OOo 2.4 terlebih dahulu. Lagipula, siapa yang membutuhkan versi lama jika versi baru telah terinstall.

yu, telat banget, tapi gpp, buat menuh-menuhin catatan di blog, plus sharing caranya adalah ikuti step-step dibawah ini :
1. dowload file open office nya disini
2. taruh file .tar.gz tadi di deskto aja..
3. masuk ke desktop, dah tahu kan caranya, lewat console lho ya..
4. lalu extrak file nya dengan perintah ::
$ tar -xzvf OOo_3.0.1_LinuxIntel_install_en-US_deb.tar.gz
5. eits..jangan lupa sebelum melangkah lebih jau, uninstall dulu yang 2.x, dengan mengetikkan perintah :
$ sudo apt-get remove openoffice*.*
6. kembali ke step setelah ekstrak, setelah proses ekstrak berhasil, secara otomatis membentuk folder dengan nama tertentu, tergantung dari versi OpenOffice yang Anda download (Contoh folder yang terbentuk dari proses ekstrak adalah OOO300_m15_native_packed-1_en-US.9379), langkah berikutnya adalah masuk ke folder ybs, ketik ::
$ cd OOO300_m15_native_packed-1_en-US.9379/DEBS/
7. install semua pake .DEB nya, ketik ::
$ sudo dpkg -i *.deb
8. lalu ketikkan ini ::
$ cd desktop-integration/
9. lalu install semua paketnya ::
$ sudo dpkg -i *.deb
10. udah, selesai… selamat mencoba.. 🙂

Sitemater

aslmkm

jadi, cara untuk membuat sitemater di blog kita akan saya kasih tahu caranya. tapi, tunggu dulu, site mater itu apa sih?? nah, Salah satu pengukur traffic blog yang gratis adalah sitemater Mengapa Sitemeter? karena sitemeter memiliki fitur yang cukup lengkap. Bahkan untuk versi gratisnya, tidak ada perbedaan fasilitas dengan versi berbayarnya.

Salah satu fasilitas yang aku sukai dari sitemeter adalah bisa memantau dari mana, dan memakai browser apa pengunjung blog kita. Kita juga bisa memantau berapa jumlah pengunjung yang datang pada hari ini saja. Lama mengunjunginya pun ada.

Perbedaan pada account yang gratis dan yang berbayar hanya pada kemampuannya menghitung pengunjung. kalo yang berbayar bisa menghitung pengunjung lebih banyak. Jadi kalo blogmu pengunjungnya masih sedikit kayak blog ini, pake’ yang gratis aja 🙂
baik, ini adalah cara untuk mendapatkan HTML code dari sitemater:
1. klik disini
2. ikuti ajah petunjuknya disana, hehe v:-)

segitu aja dl, OK..
salam,

wavelet

Wavelet theory” is the result of a multidisciplinary effort that brought together mathematicians, physicists and engineers… this connection has created a flow of ideas that goes well beyond the construction of new bases or transforms. – Stephane Mallat

itu adalah salah satu definisi seorang pakar, tentang wavelet. dalam bentuk aplikasi, wavelet telah terealisasi yakni :

  • Image enhancement, Kalau sebuah foto menjadi buram, bagaimana cara untuk memfokuskan kembali
  • Image recognition, Bagaimana manusia bisa mengenal wajah? Apakah ini bisa dilakukan melalui komputer
  • Object Tracking, mengintai suatu object yang sedang bergerak dalam suatu video

Wavelet merupakan fungsi matematik yang membagi-bagi data menjadi beberapa komponen frekuensi yang berbeda-beda, kemudian dilakukan analisis untuk masing-masing komponen menggunakan resolusi yang sesuai dengan skalanya (Graps, 1995). Kepentingan penggunaan Transformasi Wavelet ini berdasarkan fakta bahwa dengan Transformasi Wavelet akan diperoleh resolusi waktu dan frekuensi yang jauh lebih baik daripada metode-metode lainnya seperti Transformasi Fourier maupun Transformasi Fourier Waktu Pendek (STFT=Short Time Fourier Transform), selain itu analisis data pada kawasan waktu dan frekuensi penting dan harus dilakukan untuk mempelajari perilaku sinyal-sinyal non-stasioner, selain itu juga dapat dilakukan analisis data pada kawasan waktu dan amplitudo serta kawasan frekuensi dan daya (spektrum).

kebetulan dalam salah satu MK yang saya ambil, yaitu Komputer Vision, saya mendapatkan proyek untuk membuat suatu tampilan Object tracking dari suatu video menggunakan bahasa pemrograman MATLAB. wuih, mantab juga nih, NOL BESAR tentang Matlab nih…

Modal SEMANGATT!!!

Uas oh Uas..

Aslm..

ini adalah kali pertamanya aku memposting tulisan yang berhubungan dengan jurusan dan dunia informatika… biak, epss.. baik…

aku mulai dari dunia perkuliahan… semester ini adalah semester dimana aku mengambil jumlah sks paling sedikit daripada semester2 sebelumnya, namun, a merasakan sama beratnya tuh, apa mungkin karena MK semester ini adalah MK  jurusan semua,,  yuk kita list… Basdat, Grafikom, MPPL, Metnum, Tekkom, AI,  SISOP, dan… SIM(ups… a ketinggalan KRS..jadi ga ke ambill..)…tugasnya teh seambreg…ketambahan kegiatan2 diluar.. hmm, dan sesungguahnya, yang paling penting adalah bagaimana cara memanagement waktu dengan baik..

huff…akhirna uas selesai.. klo mengingat-ingat materi uas, boleh lah ditulis dikit disini…

Basdat :
SELECT Mahasiswa.Nim, Nama, SUM(SKS) AS SKS
From Mahasiwa, AmbilMK, KRS, Matakuliah,
Where KRS.semester = ‘ganjil’ AND
ambilMK.KodeMK = Matakuliah.KodeMk AND
ambilMK.Nim = Mahasiswa.Nim;

SISOP :
1-P^n = CPU Utilization, where Minutes CPU time = 1-P^n per jumlah proses. t selesai n proses…??

Tekkom :

LR :   E –> EAT                                  –> LL :    E –> TE’
T –> TaM | e                                             E’ –> ATE’ | e
A –> + | –                                                  T –> MT’ |a
M –> * | /                                                   T’ –> aMT’ |e
a –> “0, 1, …, 9”                                          A –> +|-
M–>* | /
a –> “0, 1. .., 9”
ada yang kurang kyaknya, tpi, itu gambaran sedikitnya..

MPPL :
buta RBS berdasarkan WBS dari suatu project.., contohnya menyusul..

AI :
suka(andi, y) –> sulit(y)
-hadir(ali, y)
-suka(ali, y)

GRAFIKOM: –> cara mengatur ukuran file.3ds yang di embade ke source code of Java…
// draw this layer
protected void draw(DrawContext dc, WWModel3D model) {
GL gl = dc.getGL();
Position pos = model.getPosition();
Vec4 loc = dc.getGlobe().computePointFromPosition(p os);

>>>> if (dc.getView().getFrustumInModelCoordinat es().contains(loc)) {
double size = this.computeSize(dc, loc);

dc.getView().pushReferenceCenter(dc, loc);
gl.glRotated(pos.getLongitude().degrees, 0,1,0);
gl.glRotated(-pos.getLatitude().degrees, 1,0,0);
gl.glScaled(size, size, size);
gl.glCallList(Model3DisplayListFactory.g etModel(gl, model.getPath()));
dc.getView().popReferenceCenter(dc);
>>>> }

Metnum :
h = b- a / n, Xi = Xo + ih,
I = h/2 (f0 + 4f1+2f2+4f3+…+fn)
basahin yang lain…

hope everyithing will be allright..
ngantukh euy…

waslm