Category Archives: Kajian Mingguan

Sahabat yang Baik

󾭗󾮛الرفقة الصالحة 󾮜󾭗 󾭠
SAHABAT YG BAIK󾭩 󾭸

ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻔﺎﺭﻭﻕ ﻋﻤﺮ ﺑﻦ ﺍﻟﺨﻄﺎﺏ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ :
“ﻣﺎ ﺃﻋﻄﻲ ﺍﻟﻌﺒﺪ ﺑﻌﺪ ﺍﻹﺳﻼﻡ ﻧﻌﻤﺔ.. ﺧﻴﺮﺍﹰ ﻣﻦ ﺃﺥ ﺻﺎﻟﺢ، ﻓﺈﺫﺍ ﻭﺟﺪ ﺃﺣﺪﻛﻢ ﻭﺩﺍﹰ ﻣﻦ ﺃﺧﻴﻪ ﻓﻠﻴﺘﻤﺴﻚ ﺑﻪ.”

󾭗Umar Ibn Khathab r.a., berkata, “Tidak ada nikmat yg diberikan kepada seorang hamba setelah Islam yg lebih baik dari sahabat yg soleh, maka apabila salah seorang dari kalian telah mendapatkan cinta dari sahabat solehnya, hendaklah ia menggenggamnya dgn kuat󾭚 󾭸

ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ:
” ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻟﻚ ﺻﺪﻳﻖ – ﻳﻌﻴﻨﻚ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻄﺎﻋﺔ – ﻓﺸﺪ ﻳﺪﻳﻚ
ﺑﻪ؛ ﻓﺈﻥ ﺍﺗﺨﺎﺫ ﺍﻟﺼﺪﻳﻖ ﺻﻌﺐ ﻭﻣﻔﺎﺭﻗﺘﻪ ﺳﻬﻠﺔ ..”

󾭗Imam Syafi’i berkata, “Apabila engkau memiliki sahabat yg mengingatkanmu pada ketaatan, maka genggamkanlah kedua tanganmu erat2 kepadanya! karena mendapatkan sahabat itu sulit, sedang meninggalkannya mudah󾭗 Continue reading Sahabat yang Baik

Advertisements

Sahabat yang Baik

󾭗󾮛الرفقة الصالحة 󾮜󾭗 󾭠
SAHABAT YG BAIK󾭩 󾭸

ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻔﺎﺭﻭﻕ ﻋﻤﺮ ﺑﻦ ﺍﻟﺨﻄﺎﺏ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ :
“ﻣﺎ ﺃﻋﻄﻲ ﺍﻟﻌﺒﺪ ﺑﻌﺪ ﺍﻹﺳﻼﻡ ﻧﻌﻤﺔ.. ﺧﻴﺮﺍﹰ ﻣﻦ ﺃﺥ ﺻﺎﻟﺢ، ﻓﺈﺫﺍ ﻭﺟﺪ ﺃﺣﺪﻛﻢ ﻭﺩﺍﹰ ﻣﻦ ﺃﺧﻴﻪ ﻓﻠﻴﺘﻤﺴﻚ ﺑﻪ.”

󾭗Umar Ibn Khathab r.a., berkata, “Tidak ada nikmat yg diberikan kepada seorang hamba setelah Islam yg lebih baik dari sahabat yg soleh, maka apabila salah seorang dari kalian telah mendapatkan cinta dari sahabat solehnya, hendaklah ia menggenggamnya dgn kuat󾭚 󾭸

ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ:
” ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻟﻚ ﺻﺪﻳﻖ – ﻳﻌﻴﻨﻚ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻄﺎﻋﺔ – ﻓﺸﺪ ﻳﺪﻳﻚ
ﺑﻪ؛ ﻓﺈﻥ ﺍﺗﺨﺎﺫ ﺍﻟﺼﺪﻳﻖ ﺻﻌﺐ ﻭﻣﻔﺎﺭﻗﺘﻪ ﺳﻬﻠﺔ ..”

󾭗Imam Syafi’i berkata, “Apabila engkau memiliki sahabat yg mengingatkanmu pada ketaatan, maka genggamkanlah kedua tanganmu erat2 kepadanya! karena mendapatkan sahabat itu sulit, sedang meninggalkannya mudah󾭗 󾭸

ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﺤﺴﻦ ﺍﻟﺒﺼﺮﻱ :
ﺇﺧﻮﺍﻧﻨﺎ ﺃﺣﺐ ﺇﻟﻴﻨﺎ ﻣﻦ ﺃﻫﻠﻨﺎ ﻭﺃﻭﻻﺩﻧﺎ، ﻷﻥ ﺃﻫﻠﻨﺎ ﻳﺬﻛﺮﻭﻧﻨﺎ ﺑﺎﻟﺪﻧﻴﺎ ﻭﺇﺧﻮﺍﻧﻨﺎ ﻳﺬﻛﺮﻭﻧﻨﺎ ﺑﺎﻵﺧﺮﺓ، ﻭﻣﻦ ﺻﻔﺎﺗﻬﻢ: ﺍﻹﻳﺜﺎﺭ

󾭟Hasan Al-Basri berkata, “Kami lebih mencintai sahabat2 kami dari istri dan anak2 kami, karena keluarga kami mengingatkan kami akan dunia, sedang sahabat kami mengingatkan akan akhirat, dan diantara sifat mereka adalah itsar󾭟

󾭸 ﻭﻗﺎﻝ ﻟﻘﻤﺎﻥ ﺍﻟﺤﻜﻴﻢ ﻻﺑﻨﻪ :
ﻳﺎﺑﻨﻲ؛ ﻟﻴﻜﻦ ﺃﻭﻝ ﺷﻲﺀ ﺗﻜﺴﺒﻪ ﺑﻌﺪ ﺍﻹﻳﻤﺎﻥ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﺃﺧﺎ “ﺻﺎﺩﻗﺎ”
ﻓﺈﻧﻤﺎ ﻣﺜﻠﻪ ﻛﻤﺜﻞ ” :ﺷﺠﺮﺓ” ، ﺇﻥ ﺟﻠﺴﺖ ﻓﻲ ﻇﻠﻬﺎ ﺃﻇﻠﺘﻚ
ﻭﺇﻥ ﺃﺧﺬﺕ ﻣﻨﻬﺎ ﺃﻃﻌﻤﺘﻚ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﺗﻨﻔﻌﻚ ﻟﻢ ﺗﻀﺮﻙ ..

󾭗Luqman yang bijak menasehati anaknya. Dia berkata, “Wahai putraku.. hendaklah perkara pertama yg engkau cari setelah iman kepada Allah, adalah sahabat yang jujur. Sesungguhnya sahabat yg jujur itu seperti pohon yg rindang. Jika engkau duduk di bawah naungannya, dia akan menaungimu, jika engkau mengambil sesuatu darinya, dia akan mengenyangkanmu dan jika dia tidak bermanfaat bagimu, dia tidak mencelakakanmu󾭗

ﻣﺮﺽ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺃﺣﻤﺪ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺫﺍﺕ ﻳﻮﻡ ﻭﻻﺯﻡ ﺍﻟﻔﺮﺍﺵ، ﻓﺰﺍﺭﻩ ﺻﺪﻳﻘﻪ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ، ﻓﻠﻤﺎ ﺭﺃﻯ ﻋﻠﻴﻪ ﻋﻼﻣﺎﺕ ﺍﻟﻤﺮﺽ ﺍﻟﺸﺪﻳﺪ ﺃﺻﺎﺑﻪ
ﺍﻟﺤﺰﻥ … ﻓﻤﺮﺽ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﺃﻳﻀﺎ

Satu hari, saat imam Ahmad -rahimahullah- menderita suatu penyakit yg menyebabkannya tidak dapat bangkit dari kasurnya, sahabat baiknya, imam Asy-Syafi’i -rahimahullah- datang menjenguknya. Ketika imam Syafi’i melihat kondisi penyakit yg dialami sahabatnya, beliau sangat bersedih… hingga akhirnya beliau pun jatuh sakit.

ﻓﻠﻤﺎ ﻋﻠﻢ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﺬﻟﻚ .
ﺗﻤﺎﺳﻚ ﻧﻔﺴﻪ ﻭﺫﻫﺐ ﻟﺮﺅﻳﺔ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻓﻲ ﺑﻴﺘﻪ ..
– ﻓﻠﻤﺎ ﺭﺁﻩ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻗﺎﻝ :
ﻣﺮﺽ ﺍﻟﺤﺒﻴﺐ ﻓﺰﺭﺗﻪ  ﻓﻤﺮﺿﺖ ﻣﻦ ﺍﺳﻔﻲ ﻋﻠﻴﻪ
ﺷﹹﻔﻲ ﺍﻟﺤﺒﻴﺐ ﻓﺰﺍﺭﻧﻲ  ﻓﺸﹹﻔﻴﺖ ﻣﻦ ﻧﻈﺮﻱ إليه

󾁁Saat imam Ahmad mengetahui berita itu, beliau menguatkan dirinya dan segera pergi menjenguk imam Syafi’i ke rumahnya.
Ketika imam Syafi’i melihatnya datang, beliau berkata, “Saat sahabat baikku sakit, aku datang menjenguknya, hingga aku pun sakit karena kesedihanku akan keadaannya. Kini.. sahabat baikku telah sembuh dan datang menjengukku. Sungguh.. saat ini aku pun telah merasa sembuh karena melihat keadaannya󾁁 󾭸

ﺍﻟﻠﻬﻢ.. ﺍﺭﺯﻗﻨﺎ ﺍﻟﺼﺤﺒﺔ ﺍﻟﺼﺎﻟﺤﺔ..!

Ya Allah.. karuniakanlah pd kami sahabat2 yg baik..! 󾭸

ﺍﻟﻤﺤﺒﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﻠﻪ.. ﻧﻌﻤﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﻠﻪ.. ﻭﺍﻟﺘﻮﺍﺻﻞ ﻣﻊ ﺍﻷﺣﺒﺔ ﺃﻧﺲ ﻭﻣيسرة.. ﻫﻢ ﻟﻠﻌﻴﻦ ﻗﺮﺓ..

Saling mencintai karena Allah adalah karunia-Nya, dan saling menyambung hubungan dgn orang2 yg dicintai adalah wujud kasih sayang yg memberi kemudahan. Mereka adalah pelipur lara.. penyejuk pandangan.. 󾭸

ﻓﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﻣﻦ ﺩﺍﻡ ﻓﻲ ﺍﻟﻘﻠﺐ ﺫﻛﺮ ﻫﻢ.. ﻭﺇﻥ
ﻏﺎﺑﻮﺍ ﻋﻦ ﺍﻟﻌﻴﻦ ﻗﻠﻨﺎ ﻳﺎ ﺭﺏ ﺍﺣﻔﻈﻬﻢ ﻭﺍﺭﻋﺎﻫﻢ

󾁁Semoga keselamatanlah.. bagi mereka yg selalu terkenang di hati. Sekalipun mereka jauh dari pandangan, kami akan selalu berkata, “Wahai Tuhanku..! Jagalah dan peliharalah mereka󾁁

منقول
Sumber : BC Whatsapp.

Aku dan Tiga ‘Istriku’, Seindah-indah Poligami

Ketika poligami menjadi sesuatu yang menakut kan, kami sudah menjalaninya dengan menyenangkan.

Aku dikaruniai 3 “istri” yang sangat mendukung perjuanganku.

Ketiga istriku saling bersinergi menghadirkan
surga di dunia ini menuju surga sebenarnya nanti.

Aku menikahi “istri” pertamaku pada saat usiaku masih sangat belia.

Aku jatuh hati pada pandangan pertama.

Tak perlu waktu lama untuk memproses pernikahanku. Istri pertamaku sangat sayang kepadaku, ia selalu menuntun dan membimbingku setiap aku ditimpa masalah dalam hidup.

Aku tak akan pernah kehilangan cinta kepadanya.

Istri pertamakulah yang menunjukkan aku pada calon “istri” keduaku.

Aku banyak mengetahui dia dari istri pertamaku itu. Begitu banyak hal yang menarik yang ditunjukkan calon istri keduaku itu, maka tak perlu waktu lama, akupun segera menikahinya.

Aku begitu bersemangat bergairah hidup bersama keduanya. Tak berhenti sampai di sini kebahagiaanku.

Kedua istriku itu membujukku untuk segera memperistri seorang akhwat shalihah yang aku sendiri belum pernah mengenal dia sebelumnya, kecuali dari selembar biodata dan sedikit informasi dari sahabat dan keluarganya.

Bahkan usiaku belum genap 22 tahun saat itu. Tapi karena aku sudah sangat percaya kepada kedua istriku itu, maka dengan mengucap bismillah aku menikahi istri ke tigaku. Tapi dibanding yang lainnya, istri ketiga ini paling banyak berkorban..

Demi kedua istriku sebelumnya, dia lebih banyak mengalah untuk memberiku waktu lebih banyak bersama mereka.

Dia sudah tahu bahwa aku menikahi istri pertama dan kedua atas dasar cinta, tapi aku menikahi istri ketigaku atas dasar cintaku pada kedua istriku pertamaku itu.

Cinta itu baru tumbuh belakangan, setelah kutahu bahwa dia begitu cinta kepadaku.

Istriku ke tigakupun sangat hormat, cinta dan sayang kepada dua istri pertamaku.

“Istri” pertamaku bernama Ilmu, dia begitu bercahaya di hatiku.

“Istri” ke duaku bernama Dakwah, ia begitu menginspirasi gerak kehidupanku.

“Dan istri ketigaku itulah istriku sebenarnya, yang rela menikah denganku atas bimbingan Ilmu dan Dakwah.

Semoga cinta ini kekal hingga ke surga. “Ya Allah, ini adalah pembagianku dalam hal-hal yang aku miliki. Maka janganlah Engkau mencelaku pada sesuatu yang tidak aku miliki.” (HR. Bukhari dalam kitab Fathul Baari Juz 9 hal. 224)

tulisan Dr. Mawardi Muhammad Saleh, Ketua MUI Riau.

Tujuan Berilmu

Kajian IU Sabtu 22 Nov 2014
bersama Ust Farid Okbah.

Allah menurunkan Nabi dengan Ilmu bukan dengan harta. Surat an Nisa ayat 113. Ilmu ini adalah ilmu yang harus kita raih.

Apa yang diperoleh dari Allah dan RasulNya adalah absolute
Tidak mungkin dapat ilmu dari Allah itu diperoleh melainkan dari contoh Rasulullah SAW, seperti contohnya pada surat Al An’am 82 di mana para sahabat khawatir atas keamanan atas hidayah.

Diterangkan oleh Rasulullah dengan surat Luqman ayat 13. Para sahabat mempunyai pengertian dzalim yg dimengerti di ayat itu adalah dzalim kepada diri sendiri dimana pengertian sebenarnya dijelaskan dari Rasulullah adalah dzalim kepada Allah.

Itulah kenapa ilmu agama yg dijelaskan tanpa melalui Rasulullah shalallahu’alayhi wassalam pasti sesat.

Dzalim ada 3:
– Dzalim kepada Allah
– Dzalim kepada manusia
– Dzalim kepada diri sendiri

Contoh lain adalah ayat aqiimushshalat, dimana Nabi SAW menjelaskan dari awal s/d akhir. Contoh lain nya adalah ilmu waris.

Karena hanya Nabi SAW yg diberikan otoritas membawa petunjuk dan agama Allah, Al Qaf 9

Landasan agama harus al Qur’an dan Sunnah. Ilmu yang bersumber dari al Qur’an dan hadith2 Nabi yang merupakan wahyu dari Allah juga, tetapi disampaikan melalui ekspresi Nabi SAW

Sumber2 utama agama Islam:
– AL Qur’an
– Hadith Nabawiyah
– Hadith Qudsi -> Makna dari Allah, lafadznya dari Nabi SAW

Tujuan belajar ilmu, untuk menghindari dari kebodohan, Ilmu itu belajar tetapi berubah dan bermanfaat spt surat Ash Shura 52

Belajar ilmu ada tiga macam: (Ibnu Rajab al Hanbali)
1 Tidak pernah berubah sejak belajar ilmu, tidak ada realisasinya. Ini contoh dimana ilmunya akan menjadi ancaman.
2 Diawal tidak tahu dan ia belajar ilmu, sehingga ada perubahan di dirinya, namun masih batasan yang wajib-wajib. Disebut nya adalah Ashabul yamin
3 Diawal tidak mengerti dan belajar ilmu, sehingga ia bertotalitas untuk merubah dirinya dengan sami’na wa atho’na. Disebut dengan al Muqarrabun

Ulama ada tiga jenis:

1. Ulama yang memahami kebenaran ilmu al Qur’an dan Sunnah. Aalimun billah wa aalimun bi syariatillah. Dan ia berkomitmen menegakkan hal tersebut sekuat tenaganya
2. Ulama yang paham hubungan kepada Allah, tetapi tidak memahami syariat Allah. Aalimun billah.
3. Aalimun laa bisyariatillah. Ilmunya sebatas pemahaman namun tidak diaplikasikan

Ukuran Ulama, al Fatir 28, yaitu takut kepada Allah…

Mendalami ilmu agama adalah keharusan, untuk diri sendiri dan bermanfaat bagi orang lain….Surat Al Ashr…

Ilmu agama yang harus kita pegang, ada 8 point (Ilmu Al Qur’an & Sunnah):
1. Keyakinan bahwa Syariat Allah lah yang paling benar, yg diridhai oleh Allah sampai di hari kiamat.
2. Kesempurnaan Islam, yang tidak boleh ditambah maupun dikurangi.-> menerima Islam secara utuh, tidak perlu ditambah maupun dikurangin
3. Haram mengedepankan pikiran kita terhadap al Qur’an dan Sunnah
QS: Al Hujuraat: 1
4. Tunduk patuh secara totalitas. QS An Nisa 65
5. Wajib kembali al Qur’an dan Sunnah ketika terjadi perbedaan. QS An Nisa 59
6. Harus menolak segala ketentuan hukum yang bertentangan dengan Syariat.
7. Menutup segala pintu penambahan dalam Agama Islam
8. Amar ma’ruf Nahi Munkar

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya perumpaan hidayah dan ilmu yang Allah utusku dengannya adalah seperti hujan yang turun ke bumi, diantara bumi terdapat tanah yang baik, yang menyerap air lalu ia menumbuhkan padang gembala dan rerumputan yang tebal, diantara bumi terdapat tanah yang keras yang menampung air, maka dengannya Allah memberikan manfaat kepada manusia sehingga mereka bisa minum, memberi minum, dan bercocok tanam. Hujan itu juga turun diatas  tanah yang lain yang merupakan tanah tandus yang tidak menampung air dan tidak menumbuhkan padang gembala. Itulah perumpamaan orang yang memahmi Agama Allah, Allah memberinya manfaat dari apa yang Dia mengutusku dan perumpaan orang yang tidak sudi mengangkat kepala dengannya dan tidak menerima hidayah yang dengannya aku diutus.” (Muttafaqun ‘alaih)

Umat Manusia dalam menyikapi Islam:

Mu’min, berapa pun petunjuk yang diterima, ditampung dan dipraktekkan/dijalani/disampaikan. Ibarat tanah yang subur. QS Ibrahim 24-25. Pohon kurma, tidak pernah tumbang karena hujan, buahnya dapat dikonsumsi sepanjang tahun. Tanahnya adalah hatinya, akarnya adalah iman, buahnya adalah akhlak mulia.

*maaf ya hanya point2nya saja. Kurang naratif.. sedang belum sempat re-write.. :p

Keutamaan Berdoa di Hari Jum’at

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ’anhu berkata, Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa Salam bersabda,

إن في الجمعة ساعة لا يوافقها عبد مسلم وهو قائم يصلى يسأل الله شيئا إلا أعطاه إياه

”Sesungguhnya di dalam hari Jum’at ini, ada suatu waktu yang tidaklah seorang Muslim menemuinya (hari Jum’at) sedangkan ia dalam keadaan berdiri sholat memohon sesuatu kepada Alloh, melainkan akan Alloh berikan padanya.” (Muttafaq ’alaihi)

Ibnul Qayyim berkata setelah menyebutkan adanya perselisihan tentang penentuan spesifikasi waktu ini, ”Pendapat-pendapat yang paling rajih (kuat) adalah dua pendapat yang keduanya terkandung di dalam sebuah hadits yang tsabit (shahih). Yaitu, Pendapat pertama, bahwasanya (waktu ijabah tersebut) mulai dari duduknya imam hingga ditunaikannya sholat, sebagaimana dalam hadits Ibnu ’Umar bahwasanya Nabi Shallallahu ’alaihi wa Salam bersabda,

هي ما بين أن يجلس الإمام إلى أن تقضى الصلاة

”(waktu ijabah tersebut) yaitu diantara duduknya imam sampai ditunaikannya sholat.” (HR Muslim).

Pendapat kedua, yaitu setelah waktu ’Ashar. Dan ini adalah dua pendapat yang paling kuat. (Zaadul Ma’ad I/389-390).

Cara Rasulullah Dicintai Musuhnya

Catatan untuk kita semua, kajian ini disampaikan oleh Ust Arifin Nugroho, tgl 17 Mei di Masjid Sunda Kelapa.

1. Byk para sahabat rasulullah saw dulunya adl musuh”/ org” yg benci pd beliau, seperti ‘Umar bin Khathab dan Khalid bin Walid.

2. Ada dua sikap rasulullah saw yg penting utk kita terapkan thd org” yg kita benci ato org” yg membenci kita: mendoakan kebaikan utknya dan membalas keburukan dgn kebaikan.

3. Kisah ‘Umar: Rasulullah saw prnh berdoa pd Allah spy Islam dimuliakan dgn ‘Amr bin Hisyam (Abu Jahl) ato ‘Umar bin Khathab, akhirnya doa tsb terkabul dgn msk Islamnya ‘Umar, yg stlh berhijrah bertrasaformasi menjadi sahabat yg amat mencintai rasululullah saw dan salah satu sahabat plg utama stlh Abu Bakr.

4. Moral lesson dari kisah tsb: jgn meremehkan ato meninggalkan kebiasaan mendoakan org yg tdk sejalan dgn kita dgn doa yg baik, rasulullah pun mencontohkannya. Ucapkan doa terbaik utk org yg tdk kita sukai krn bisa jadi Allah akan memberi hidayah kpd org tsb dari lisan kita. Ini jg utk mengubah sudut pandang kita thd sesuatu/seseorang yg tdk kita sukai. Mendoakan org yg tdk kita sukai tentu lbh “menantang” drpd mendoakan org” yg memang kita cintai.

5. Kisah rahib Yahudi (Zaid… Sy lupa namanya,hehe): seorang rahib/ pendeta yahudi yg berusaha mencari kejelekan dan kelemahan rasulullah saw tp tdk berhasil. Kisahnya ada di sirah nabawiyah, pd saat rasulullah berhutang kurma dan si pendeta menagih utang di saat blm jatuh tempo, dia menagih dgn cara kasar (mencengkeram baju rasulullah saw) di dpn para sahabat hingga ‘Umar minta izin pd rasulullah saw membunuh org tsb. Tetapi rasulullah justru memarahi ‘Umar dan menyuruh ‘Umar mengambil kurma yg terhutang plus tambahannya sbg bonus (krn ‘Umar telah membuatnya takut). Seketika itu jg si pendeta memeluk rasulullah dan menyatakan keislamannya. Dia terharu dgn kesabaran dan kemuliaan rasulullah saw. Bayangkan jika kita ada di posisi rasulullah, bisakah kita sabar?

6. Kisah wanita tua Yahudi yg selalu meludahi wajah rasulullah saw tiap bertemu, tapi rasulullah tdk prnh marah dan hanya membersihkan wajah beliau saja. Saat wanita tua itu sakit, beliau pun mendoakan dan mengunjunginya hingga wanita tsb terharu dan menyatakan keislamannya.

7. Kisah diatas menunjukkan bahwa rasulullah saw selalu membalas keburukan dgn kebaikan. Beliau yakin bahwa yg memberi hidayah adl Allah semata, shg beliau ingin menjadi perantara hidayah tsb.

8. Kisah Khalid bin Walid: Khalid selalu mendapat info” ttg kebaikan rasulullah dr saudaranya yg lbhi dulu msk islam.

9. Kisah dr mesir (kisah jaman modern) ttg seorang ustad dan seorang pemuda pemabuk yg berpenampilan kumuh: mrk dipertemukan dlm satu kereta. Slama perjalanan si ustad menceramahi pemuda ini dan si pemuda cuek aja krn teler. Bbrp thn berlalu dan mrk bertemu dlm suatu kajian islam, si ustad kaget stlh pemuda tsb menceritakan kisah pertemuannya dulu dgn ustad dan kondisinya skrg yg sudah berubah jd pemuda shaleh. Ternyata pemuda tsb tobat bkn krn ceramah si ustad, tp dia terharu krn selama berceramah di kereta dulu, si ustad menyelingi dgn minum, saat itu si pemuda jg kehausan dan ustad tsb menawarkan minumnya dan tetap meminum air tsb wlpn udh diminum si pemuda. Si pemuda terharu krn ustad tdk merasa jijik dgn minumannya, pdhl slama ini org” slalu jijik dan bahkan membuang benda” yg prnh kena sentuh pemuda tsb. Ini menunjukkan sikap menghormati lawan bicara dan tdk menggurui, wlpn saat itu dia sdg menasihati/menceramahi si pemuda.

10. Ketika kita sadar prnh menzalimi seseorang, maka itu adl anugerah.

11. Ketika kita merasa tdk prnhi menzalimi seseorang, maka itu adl bencana kesombongan.

12. Semangat jgn hanya utk diri sendiri, tapi hrs dialirkan ke jamaah dgn cara yg baik, ga cuma ngomong tp jg action, sperti rasulullah yg sedikit berbicara tp sekali berbicara begitu menyentuh dan tindakannya begitu menginspirasi.

13. Pentingnya mengenal rasulullah baik ciri fisiknya maupun kepribadiannya shg kita tdk asing dgn rasul kita.

14. Rasulullah tetaplah manusia, wlpn beliau dibebaskan dr dosa. Shg tdk ada alasan bagi kita utk ngeles “itu kan nabi, bisa sabar, lha kalo saya nih siapa” ini tdk baik, krn Allah pun menjelaskan bahwa rasulullah adl suri teladan yg baik bagi kita smua. Kalopun prnh melakukan kesalahan, Allah lah yg akan lgs menjaga beliau.

15. Sekilas ciri fisik rasulullah: beliau adl org yg bersih (ini hrs ditiru, mengingat di masa beliau, air sgt jarang dan tanah arab adl padang pasir gersang dan berdebu), wajahnya berseri (tdk pelit senyum, pdhl di arab masa itu org” jrg sekali tersenyum, kl di indonesia mgkn udh biasa tersenyum), beliau scr kseluruhan memiliki fisik yg sempurna dan kuat (krn gaya hidup sehat). Krn itu musuh” beliau (kafir quraisy) tdk prnh mencela dr segi fisik, yg mrk cela hanyalah “penyihir”, “penyair” dsb. Bahkan tdk ada yg mengatakan bahwa beliau pendusta krn sifat amanahnya yg terkenal (al amin), musuh” beliau pun sering “nitip barang” ke beliau. Beliau jg pandai menangkap sinyal dr para sahabatnya shg beliau amat dicintai mrk. Misalnya ketika ada yg sdg kelaparan, sedih, dan gembira beliau slalu empati dan peduli.

Demikian sharenya, smoga share yg sedikit dan amat terbatas ini tetap bisa menambah kecintaan kita pd rasulullah muhammad saw dan smoga kelak kita dipertemukan dgnnya, aamiin yaa rabbal ‘alamiin 

Oleh : Dania Diniari