Membangun Radio Online (audio streaming) dg ShoutCast

nah, mungkn tidak terlalu nge-ren di dunia IT, tapi ada beberapa pengetahuan yang dapat kita ambil dan mungki saja dapat bermanfaaat untuk siapa saja yang ingin membangun radio online. mulai..

Membangun Radio Online tidaklah serumit membangun Radio Offline. Karena dalam membangun Radio Online hanya dibutuhkan Software. Banyak sekali software yang bisa digunakan untuk ini. Dalam artikel ini saya menggunakan Shoutcast sebagai aplikasi utamanya. Persyaratan utama yang dibutuhkan untuk membangun infrastruktur Radio Online adalah bahwa kita membutuhkan komputer dan koneksi internet, serta aplikasi Winamp, Shoutcast DNAS, dan Shoutcast DSP Plugin. Ketiga software tersebut dapat didownload secara gratis di Internet (freeware)

Persiapan Instalasi Radio Online.

1. Download software yang diperlukan:

  • Shoutcast DNAS Server (download versi Windows)
  • Winamp
  • Shoutcast DSP Plugin (download versi Windows)

2. Kunjungi link ini.

nahh..maaf yahh.. karena lumayan banyak n ga smpat kasih screenshot sendiri..jadi saya kasih link nya aja..oke..!!! hehe:)

One thought on “Membangun Radio Online (audio streaming) dg ShoutCast”

  1. berhasil pak di XP… saya juga dah coba shoutcast ma edcast sama zara radio, pake winamp berat seh, n kurang bagus untuk program radio…. saya coba sam broadcaster berhasil, tapi saya gak suka sam 2 he he.

    saya ingin coba pake icecast, tapi gak bisa setting…. tutorial yang ada rata2 baik shoutcast ma icecast… gak ada yang mendetail seh,apalagi buat orang awam susah penerapanya.

    saya coba embed code media player ke blog blogspot dengan javascript dan html berhasil, tapi di wordpress.com gak bias tuh html/javascript,gak support.

    yang penting indie radio,indie cendekia,radio yang dipanacarkan dari bukit indah pleret bantul jogja,dah bisa streaming,meskipun speed rendah.

    jangan lupa mampir streaming online indie radio pleret

    http://radiopleret.blogspot.com
    http://radiopleret.wordpress.com

    atau kunjungi situs kami
    http://www.indiradio.tk

Leave a comment